01 November 2021
Keeksotisan Pulau Tersembunyi Pahawang di Lampung
Foto by: ngetripkemana.com

NAIKBHINNEKA.COM - Pulau Pahawang dijuluki sebagai surga bawah laut, keindahan pantai dan bawah lautnya sudah banyak diketahui oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Pulau Pahawang di Lampung menjadi salah satu pilihan destinasi liburan oleh warga Jabodetabek karena lokasinya tidak jauh dari Ibukota Provinsi. Keindahan Pulau Pahawang seperti surga dunia yang akan membuat setiap mata terpesona melihatnya.

Pulau Pahawang menjadi daftar objek wisata yang paling banyak diburu oleh wisatawan sehingga banyak ditemukan penawaran paket trip ke Pulau Pahawang. Paket perjalanan ke Pulau Pahawang sudah banyak ditawarkan oleh biro perjalanan dalam negeri maupun luar negeri.

Berdasarkan sumber dair pemerintah setempat, sejarah pertama kali ditemukan pulau tersebut memiliki dua versi. Pertama ditemukan oleh Pak Hawang seorang nahkoda kapal yang terdampar dan bermukim di pulau tersebut. Kedua, pulau ini ditemukan oleh warga Betawi keturunan Tionghoa bernama Mpok Awang. Namun dari kedua versi tersebut belum ada kebenarannya secara spesifik.

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua pulau, Pahawang besar dan Pahawang Kecil. Keduanya memiliki keindahan alam yang luar biasa. Disaat air laut sedang surut, para wisatawan dapat berjalan di atas pasir timbul yang menghubungkan antara kedua pulau Pahawang besar dan Pahawang kecil. Pulau Pahawang Besar merupakan pulau utama di tempat ini. Pahawang besar memiliki luas sekitar 1.000 hektar, sehingga menjadikan pulau ini sebagai pusat kegiatan.

Bagi kalian yang ingin ke berwisata ke Pulau Pahawang, tidaklah sulit untuk menuju lokasi tersebut. Pulau Pahawang terletak di area Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Keindahan yang paling menarik di Pulau Pahawang adalah suasana bawah laut yang sangat indah. Air laut yang biru, terumbu karang yang masih alami, dan memiliki bermacam jenis ikan yang akan memanjakan mata para wisatawan. Saat mengunjungi Pulau Pahawang belum lengkap jika tidak mencoba diving dan snorkeling. Spot yang direkomdasikan saat diving dan snorkeling di Tanjung Putur, Gongsongan, Cukuh Pandan dan Rumah Nemo.

Fasilitas yang ditawarkan di Pulau Pahwang lainnya yaitu menyediakan banana boat dan terdapat akomodasi penginapan yang sangat terjangkau. Terdapat 10 penginapan yang tersedia, tarif penginapan mulai dari Rp. 400.000 – 700.000/malam serta memiliki fasilitas yang sangat baik. Terdapat beberapa rute untuk menuju Pulau Pahawang salah satunya yaitu dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung kemudian berhenti di Terminal Rajabasa. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan kota jurusan Rajabasa – Tanjung Karang berhenti di Pasar Bawah Ramayan setalah itu melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan kota jurusan Tanjung Karang – Teluk Betung berhenti di Gudang Garam lalu naik angkutan pick up untuk menuju Dermaga Ketapang. Akan lebih mudah jika menggunakan jasa tour dan travel karena tidak perlu repot dengan akses untuk menuju Pulau Pahawang.

Article by Bhinneka Shuttle

Mau dapat diskon & kupon gratis..??